Minggu, 23 Februari 2014

Karakteristik Sistem Pakar



Ada berbagai karakteristik yang membedakan Sistem Pakar dengan sistem yang lain. Karakteristik ini menjadi pedoman utama untuk pengembangan Sistem Pakar. Karakteristik yang dimaksud antara lain:
1.      Pengetahuan Sistem Pakar merupakan suatu konsep karena keahlian dari seorang ahli ialah sebuah fakta atau aturan dan bukan berbentuk numerik seperti proses pengolahan data di komputer.
2.      Informasi dalam Sistem Pakar tidak selalu lengkap, subyektif, tidak konsisten, subyek terus berubah dan tergantung pada kondisi lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidak pasti dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” akan tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu.
3.      Kemungkinan solusi Sistem Pakar terhadap suatu permasalahan memiliki banyak pilihan jawaban yang dapat ditentukan. Sistem Pakar harus bersifat fleksibel karena ruang lingkup masalah yang luas dan tidak pasti atau tidak spesifik.
4.      Perubahan atau pengembangan pengetahuan dalam Sistem Pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga diperlukan kemudahan dalam memodifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan yang semakin besar dan semakin bervariasi.
5.      Pandangan atau pendapat setiap pakar itu relatif atau tidak selalu sama (subjektif), karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi Sistem Pakar merupakan jawaban yang pasti benar.
6.      Sistem Pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan pengetahuan meskipun solusinya sulit ditentukan karena keputusan merupakan bagian yang penting dari sistem pakar.

Sumber : http://informatika.web.id/teori-penunjang-sistem-pakar.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar